Mac Preview untuk Mengedit Gambar, Crop, Resize, Rotate, dan Mini Slide Show

Apakah Anda tahu ? Aplikasi Mac Preview tidak hanya berfungsi sebagai fitur untuk mengedit dokumen PDF. Mac Preview juga bisa digunakan sebagai fitur untuk mengedit foto / gambar secara sederhana. Fitur dasar edit foto seperti crop, resize, rotate, annotating, dan lainnya.
Membuka file gambar dengan Preview
Membuka foto / gambar dengan Priview sangat mudah. Secara dasar, double-click file yang gambar, maka akan terbuka dengan Preview. Anda juga bisa menggunakan Command-click atau klik kanan pada file gambar, pilih Open With, lalu Preview.
Kita juga bisa membuka aplikasi Preview dari folder Applikasi, Launchpad, atau menekan Command + Space untuk membuka fitur pencarian Spotlight dan cari aplikasi Preview. Dari aplikasi Preview, kita bisa membuka file secara langsung, atau pilih File > New dari Clipboard untuk mengimpor file dari clipboard. Kita bisa mengedit gambar dan untuk meng-copy, silahkan kembali ke clipboard, lalu klik Edit > Copy.
Apabila kita ingin mengambil screen shot dan mengeditnya, silahkan tekan Command + Shift + 3 untuk mengambil screen shot dari seluruh layar, tekan Command + Shift + 4 untuk mengambil sebagian dari layar, atau Command + Shift + 5 untuk mengambil screen shot dari windows yang sedang dibuka. Hasil dari screen shot akan disimpan sebagai .png file di dekstop, dan bisa dibuka file tersebut dengan Preview untuk mulai mengeditnya. 
Memutar Gambar
Memutar gambar sangat mudah. Klik tombol rotate yang terdapat di toolbar sebelah kanan atas. Kita juga bisa klik menu Edit, lalu pilih Rotate atau Flip.
Untuk menyimpan perubahannya, klik File > Save. Jika untuk men-copy, klik File > Duplicate, dan simpan hasil edit sebagai gambar yang baru, sehingga file orisinalnya tetap ada.
Untuk mengembalikan perubahan seperti semula, klik menu edit lalu tekan Undo. Untuk merevisi ke original file, klik File menu, arahkan ke Revert To, dan pilih original image version.
Crop Gambar
Melakukan crop pada gambar juga sangat mudah. Preview menggunakan kotak persegi sebagai bantuan untuk memilih bagian gambar yang ingin di-crop, sehingga kita bisa langsung mulai meng-klik dan drag. Juga, kita bisa klik menu Tools, dan pilih Rectangular Selection.
Klik dan drag dimana saja pada bagian gambar untuk memilih bagian persegi di dalam gambar. Klik Tools > crop setelahnya untuk melihat hasil crop gambar. Jika sudah selesai, klik File > Save untuk menyimpan hasilnya.
Resize Gambar
Pills Tools > Adjust Size untuk membuka menu Resize, dimana kita visa melakukan resize gambar. Didukung dengan beberapa unit pengukuran, seperti pixels. Secara awal, gambar akan dirubah secara proporsional, mempertahankan secara original aspek rasio untuk memastikan gambar tidak gepeng / memanjang.
Resize image berguna untuk mengecilkan gambar sehingga tidak menghabiskan seluruh area yang ditampilkan dan ukurannya juga akan kecil. Diutamakan hanya untuk mengecilkan gambar, kurang ideal apabila digunakan untuk membesarkan gambar.
Annotate Gambar
Preview memiliki beebread tools u/ menambah tulisan, bias diakses dengan klik tombol Show Markup Toolbar di sebelah kanan atas jendela. Atau klik menu Tools, arahkan ke Annotate, dan pilih salah satu tools di dalam menu.
Pilih tool dan akan mengubah mode seleksi yang digunakan. Silahkan dicoba untuk klik di bagian gambar manapun untuk menambah tulisan, menggambar garis, highlight sebuah area, membuat bentuk, bahkan memasukkan arah panah.
Mengubah Warna & Gamma
Aplikasi Preview juga terdapat tools untuk menyesuaikan level warna / gamma dari sebuah image,. Untuk mengaksesnya, klik Tools > Adjust Color. Gunakan panel yang muncul untuk mengubah  - ubah pengaturan warna yang diinginkan. Panel ini digunakan untuk mengatur kedalaman warna, exposure, contrast, highlight, shadows, saturation, temperature, tint, sephia, dan sharpness. 
Tidak masalah apabila Anda belum yakin dengan pengaturan manual yang ada, gambar akan langsung berubah saat Anda mengubah - ubah setting gambar secara real time. 


Jadi kesimpulannya, aplikasi Preview tidak hanya sebagai aplikasi untuk melihat sebuah konten. Tidak hanya untuk melihat satu gambar, tapi juga bisa membuka beberapa gambar secara bersamaan. dan secara cepat berpindah diantara gambar, menghasilkan slideshow singkat. 

Untuk melakukannya, pilih beberapa gambar di dalam Finder dengan menekan tombol Shift dan pilih beberapa gambar. Kemudian, Command + klik atau klik kanan dari gambar lalu buka di Preview. Preview akan membuka sidebar menampilkan daftar thumbnails dari seluruh gambar yang dibuka.

Mac Preview untuk Mengedit Gambar, Crop, Resize, Rotate, dan Mini Slide Show Mac Preview untuk Mengedit Gambar, Crop, Resize, Rotate, dan Mini Slide Show Reviewed by Ryan Anggasaputra on 4:17:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.