Review : Lenovo A7000

Tren popularitas smartphone dengan layar besar masih berlangsung. Jika sebelumnya brand - brand global masih menjualnya dengan harga di atas 2.5 juta rupiah, sekarang Lenovo mengeluarkan produk terbarunya dengan harga cukup Rp. 2 juta. Salah satunya adalah Lenovo A7000.

Kali ini kita akan membahas tentang Lenovo A7000





Desain yang Minimalis

Layaknya Lenovo A6000, seri A7000 ini juga memilih untuk menggunakan desain yang minimalis. Bingkai samping yang cukup tipis, dan nyaman digenggam seukuran tangan orang Indonesia. Ukuran layarnya 5.5 Inch. Lekukan di ujung - ujung smartphone ini sangat nyaman untuk dipegang maupun dimasukkan di dalam saku.


Tombol volume dan powernya ada di sisi sebelah kanan. Jadi, bisa dioperasikan dengan satu tangan. Namun, bagi pengguna yang bertangan kidal akan menjadi kurang nyaman.


Lenovo A7000 menggunakan bahan plastik sebagai pelindung bodi. Back cover belakangnya tidak mudah menyerap sidik jari, namun agar berhati - hati menaruh di meja yang penuh dengan kotoran. Back Cover belakang dapat dengan mudah dibuka, dan terdapat baterai yang dapat dilepas dan slot SIM Card. Selain itu, keuntungan menggunakan bahan plastik sebagai Back Cover adalah tidak akan terasa panas di tangan apabila ponsel ini sedang menjalankan aktivitas yang cukup berat.



Tampilan & User Interface

Tampilan terasa segar di mata. Lenovo A7000 didukung dengan resolusi HD (1280 x 720 pixel), layar 5.5 Inch, dan memiliki kerapatan pixel sebesar 267 ppi. Teks dan gambar terlihat tajam di layar yang juga menggunakan panel IPS. Oleh karena itu, berbagai aktivitas seperti browsing, bermain games, nonton video, membaca email, dan sosial media sudah bisa dilakukan dengan nyaman.


Lenovo A7000 sudah menggunakan Android OS 5.0 Lolipop, dengan mengandalkan VIBE UI. Seperti smartphone Lenovo lainnya, kita bisa mengganti theme, wallpaper, atau ikon dengan mudah. Dengan Android 5.0, cukup geser dari atas 2x ke bawah untuk menemukan shortcut beberapa pengaturan umum yang sering digunakan seperti bluetooth, Wifi, dsb.

Gesture yang ada juga cukup fungsional. Misalnya,
  • klik tombol kamera 2x pada saat layar mati untuk mengaktifkan kamera.
  • Dalam kondisi mati, Ketuk layar 2x untuk membangunkan ponsel tanpa perlu menekan tombol power.
  • Selain itu, untuk masuk ke kamera atau menjalankan aplikasi, kita juga bisa menggambar huruf V atau O di layar dalam kondisi mati.


Dengan dukungan VIBE UI, navigasi menu dapat dengan mudah dilakukan. UI ini juga cukup ringan sehingga berpindah menu berjalan dengan mulus tanpa lag.


Performa dan Daya Tahan Baterai

Performa Lenovo A7000 tidak main - main. Prosesor Octa-Core 1.5 GHz, GPU Mali T760MP2, serta RAM 2GB juga menjadikan Lenovo A7000 smartphone Android terkencang di kelas harganya. Chipset ini disebutkan bahwa murni sebagai prosesor Octa-core yang sebenarnya karena delapan intinya dapat berjalan sekaligus jika dibutuhkan oleh aplikasi.


Dari software uji coba Antutu, Lenovo A7000 mampu mendapatkan nilai 40000. Nilai ini biasanya hanya dicapai pada smartphone kelas menengah atas yang harganya di atas 3.5 juta rupiah.

Dalam urusan bermain games, Lenovo A7000 juga tidak kalah. Dicoba dengan games Implosion : Never Lose Hope dan Mortal Combat X dapat dijalankan dengan baik. Sebagai pembanding, games tersebut dijalankan di iPad Mini berjalan kurang mulus.


Daya tahan baterai juga cukup baik, dengan mencatatkan waktu di atas 7 jam di PCMark. Diuji dengan menggunakan browsing internet, mengambil foto, install aplikasi, bermain game, serta mengakses jejaring sosial, Lenovo A7000 mampu bertahan sekitar 11 jam.


Dolby Atmos

Fitur menarik yang dimiliki oleh Lenovo A7000 adalah Dolby Atmos. Teknologi ini aslinya disematkan pada bioskop, audio sistem di rumah, hingga mobil. Peningkatan terbaru yang dibaca oleh Dolby Atmos adalah kemampuan produksi suara yang lebih akurat dengan memperhatikan ketinggian sumber suara. Dengan Dolby Atmos, suara dari atas kepala juga mampu diperdengarkan. Untuk hasil terbaik, kita harus menggunakan headphone yang berkualitas juga.


Dengan Dolby Atmos, kita bisa mengatur keluaran suara sesuai keinginan. Pengaturan untuk musik, film, dan suara vokal bisa ditemukan disini, serta pengaturan Equalizer manual dan virtual surround. Bagi pecinta film dan musik, fitur ini sangat bermanfaat sekali untuk mendapatkan suara sesuai dengan pengaturan masing - masing yang dinginkan.


Hasil Foto

Lenovo A7000 menggunakan kamera utama 8 MP, sama dengan saudaranya Lenovo A6000. Respons kamera cukup standar untuk kelas harganya, jadi ada waktu jeda antara saat menekan tombol shutter. Saat menggunakan modus HDR, proses penyimpanan foto juga cukup lama. Jadi, jangan menggerakkan kamera pada saat selesai mengambil foto dengan modus HDR, yang mengakibatkan hasil fotonya bisa blur / kabur. Dalam kondisi cuaca cerah, hasil fotonya cukup tajam dengan produksi warna yang menarik. Jika di zoom, muncul sedikit noise.


Beralih ke dalam ruangan atau kondisi cahaya yang minim, maka foto yang dihasilkan akan banyak noise dengan cukup banyak penurunan detail. Hal ini cukup wajar untuk ponsel dengan rentang harga 2 jutaan. Untuk mengambil foto dalam ruangan dengan cahaya yang cukup, hasilnya cukup baik jika hanya dilihat di layar ponsel.




Kesimpulannya :

Apabila dilakukan pencarian di pasar, tidak banyak ponsel Android dengan layar 5.5 Inch yang dijual dengan kisaran 2 juta rupiah. Beberapa kekurangan yang ada seperti minimnya sensor pengumpul daya, terbatasnya memori internal (namun bisa ditambah memori eksternal), serta pilihan support 4G LTE yang juga terbatas.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa Lenovo A7000 tampil impresif dengan berbagai hal lain yang lebih krusial seperti tampilan layar yang berkualitas, performa kencang dan RAM yang cukup besar untuk kelasnya, serta daya tahan baterai yang lunayan baik.

Lenovo A7000 direkomendasikan bagi Anda yang mengidamkan smartphone layar besar, harga terjangkau, memiliki performa kencang, serta daya tahan baterai yang cukup baik, serta tetap bisa mendapatkan hasil foto yang cukup baik, dan minimalis desain.


Spesifikasi Perangkat 

  • Jaringan : HSDPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • CPU : Octa Core 1.5 GHz Cortex A53
  • Layar : 5.5 Inch, didukung panel IPS, Screen Multi Touch, Resolusi 1280 x 720 pixels
  • Dimensi : 152.6 mm x 76.2 mm x 7.99 mm (140g)
  • Kamera utama : 8 MPm 3624 x 2448 pixels, auto focus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, dan face detection.
  • Kamera depan : 5 MP
  • OS : Android 5.0 Lolipop
  • Konektivitas : Bluetooth 4.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, FDD-LTE/TDD-LTE/WCDMA/GSM, GPS
  • Memori Internal : 8 GB
  • RAM : 2 GB
  • GPU : Mali-T760MP2
  • Baterai : Li-Po 2900 mAh Removeable
  • SIM : Dual + support 4G LTE

Sumber

Disadur oleh Ryan Anggasaputra


Review : Lenovo A7000 Review : Lenovo A7000 Reviewed by Ryan Anggasaputra on 9:15:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.