Review Aplikasi : Kartu Lebaran Plus

Aplikasi Kartu Lebaran Plus
Mudahnya Bikin Kartu Lebaran di Ponsel. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, semua orang sangat bersemangat untuk memberikan ucapan ke keluarga besar, sahabat, dan rekan kerja.

Dulu, mungkin sebagian orang yang berkunjung ke tempat yang menjual kartu ucapan, setelah itu pergi ke kantor pos untuk mengirimkan kartu ucapan tersebut. Mungkin sebagian besar dari kita pernah merasakannya. 

Sekarang, dengan mudah kita bisa download aplikasi Kartu Lebaran Plus di Play Store atau App Store. Lalu, pilih kartu mana yang disukai lalu langsung dibagikan ke teman atau sahabat. Gampang banget kan! 

Platform : Android, Biaya : Gratis
Developer : macc.kingdom@gmail.com

User Interface

Tampilan pada aplikasi Kartu Lebaran Plus penuh warna. Karena pada halaman utama kita sudah disuguhkan dengan berbagai gambar ucapan lebaran, dari gambar yang lucu sampai yang formal. Tinggal pilih sesuai selera.


Enaknya, pilihan menunya tidak terlalu banyak. Hanya terdapat tiga menu pilihan, yaitu Menu Ucapan Lebaran, Menu Ucapan Ramadhan, dan Menu Ucapan Sendiri. 

Fitur 

Pada aplikasi Kartu Lebaran Plus, tidak ada fitur - fitur yang membingungkan. Semua fitur ditampilkan dengan menu - menu gambar, yang dikemas menarik dan mudah, sehingga semua bisa mengunakannya.

Semua tema berbasis gambar yang berkaitan dengan Hari Raya dan bulan Ramdhan. Dari mulai gambar ketupat, masjid, orang bersalaman, sampai ada gambar orang yang mau mudik. Di menu Ucapan Lebaran, kita tinggal pilih gambar mana yang ingin dikirimkan. Pastinya disesuaikan dengan orang yang ingin diberikan kartu ucapan.

Pada menu Ucapan Lebaran terdapat 24 gambar. Ada gambar sebuah keluarga sedang memaafkan, gambar beduk yang identik dengan bulan Ramadhan, dan ada gambar kartun yang lucu - lucu juga lho. Lalu pada menu Ucapan Ramadhan, terdapat gambar - gambar yang bertuliskan selamat menunaikan ibadah puasa, marhaban ya ramadhan. Tak hanya itu, ada gambar kartun orang yang sedang memukul bedug, ada chef yang sedang mengucapkan berbuka puasa. Tak lupa pula juga ada gambar yang berisi petuah - petuah bijak, seperti hapus dosa ganti dengan pahala yang dilengkapi dengan gambar Al'Quran dan lainnya.


Yang terakhir, menu Ucapan Sendiri. Dimana menu ini juga terdapat 24 gambar yang bisa kita pilih. Kita bisa berkreasi dengan kalimat yang kita sukai. Mungkin ada kalimat - kalimat yang ingin kita buat sendiri dengan kata - kata yang lebih menarik atau menggunakan pantun yang lucu - lucu. Aplikasi ini memberikan kebebasan untuk kita mengeksplor kalimat yang kita mau, dibantu dengan template gambar yang sudah ada.


Kinerja

Kartu Lebaran Plus ini sangat lancar digunakan, mungkin karena gambar yang ada tidak terlalu berat ukuran file dan kapasitasnya. Namun, tetap dibutuhkan koneksi internet yang cukup kuat untuk men-download preview dari gambar kartu ucapan yang diinginkan.

Saat dicoba membuat kartu Ucapan Lebaran versi sendiri, juga tidak menemui kesulitan yang bearti. Dalam hal memilih font (huruf), memperbesar dan mengecilkan tulisan, serta memberi warna di tulisan dapat dilakukan dengan mudah.

Untuk fitur pemilihan warna, kita harus sedikit butuh daya tangkap desain yang membutuhkan indra mata yang baik, karena pemilihan warna dilakukan secara manual. Di Aplikasi Kartu Lebaran Plus, harus menggeser - geser tiga garis merah, hijau, dan biru yang terletak diatas, untuk mendapatkan warna yang kita inginkan.

Inovasi

Inovasi membuat aplikasi Kartu Lebaran Plus ini merupakan sebuah kemudahan yang bisa dinikmati oleh siapa saja, bahkan oleh anak kecil sekalipun. Anak - anak juga bisa mengirimkan kartu ucapan selamat idul fitri kepada kakek - neneknya atau teman - temannya di sosial media.

Jadi tidak perlu keluar ongkos untuk menuju sebuah tempat yang menjual kartu lebaran. Dan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli prangko agar kartu tersebut sampai di orang yang dituju. Cukup via ponsel, meskipun sebenarnya bisa saja mencari gambar - gambar serupa di mesin pencari, namun pada aplikasi Kartu Lebaran Plus ini memberikan fitur menu yang memungkinkan kita berkreasi untuk membuat ucapan yang kita inginkan.

Daya Saing

Aplikasi Kartu Lebaran Plus menjadi solusi untuk kita apabila kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengunjungi tempat yang menjual kartu lebaran, dan masih harus mengirimkannya ke kantor pos supaya kartu tersebut bisa dikirimkan. Dengan melihat banyak aplikasi yang serupa, Kartu Lebaran Plus menjadi aplikasi yang layak dipilih dalam momentum Lebaran kali ini dan sangat mudah digunakan.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

Sumber : Majalah Sinyal edisi 238/XI 10 - 30 Juli 2015
Disadur oleh : Ryan Anggasaputra
Review Aplikasi : Kartu Lebaran Plus Review Aplikasi : Kartu Lebaran Plus Reviewed by Ryan Anggasaputra on 9:58:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.