Review Aplikasi : Ramadhan Pocket Guide

Biasanya anak kos, atau yang tinggal jauh dari orang tua sering kesiangan pas waktu sahur. Tapi, kini Anda tidak perlu takut tidur kebablasan, karena sudah ada aplikasi Ramadhan Pocket Guide yang bisa membantu Anda. Cukup gunakan ponsel, kemudian download aplikasi Ramadhan Pocket Guide, maka menjalani bulan Ramadhan kali ini semakin istimewa. 

Ingin tahu lebih detail ada apa saja di aplikasi Ramadhan Pocket Guide ? Mari kita lihat.

User Interface




Aplikasi ini tersaji sangat sederhana, hanya bebasis teks. Dengan paduan warna hijau dan putih yang soft. 

Semua informasi yang dibutuhkan di bulan Ramadhan sudah tersedia. Mulai dari jadwal shalat, arah kiblat, jadwal berbuka puasa, alarm adzan, alarm sahur, info - info mengenai ramadhan, promo diskon, dan free voucher, sampai komunitas pengguna Ramadhan Pocket Guide ada di aplikasi ini.

Fitur

Pada fitur utama aplikasi ini, Kita akan diberikan informasi jadwal menjelang Dzuhur berapa jam lagi. Jika Kita masuk aplikasi ini pukul 07.17, maka informasi yang tertera 4 jam 41 menit menjelang waktu Dzuhur. 


Kemudian ada beberapa fitur yang bisa kita pilih, seperti Aneka Info, Jadwal Shalat Jakarta, arah kiblat, komunitas Ramadhan Pocket Guide, Promo & Free Voucher, dan lampu senter.

Saat mencoba aplikasi ini, saya mencoba  menu Aneka Info, dimana didalamnya terdapat pilihan Berita, Tips Ramadhan, Artikel Unik, dan Download.

Pada menu fitur Tips Ramadhan, kita akan diberikan informasi - informasi seputar bulan Ramadhan seperti Tips Mencegah lemas di minggu ketiga dan keempat, Mengapa gampang sariawan di saat puasa, Perkuat jantung saat puasa, dan artikel lainnya. 

Saya tertarik dengan artikel : "Mengapa gampang sariwan ketika berpuasa", karena pada saat menulis ini, saya juga sedang sariawan. 

Ternyata, menurut pakar tanaman herbal, dr Abrijanto, puasa sebenarnya bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan. Namun ada bagian - bagian tubuh tertentu yang mendapatkan konsuensi salah satunya adalah mulut. Munculnya sariawan saat berpuasa adalah akibat melonjaknya populasi bakteri di dalam mulut. Bakteri berkembang biak dengan pesat lantaran mulut tidak mengasup makanan apapun dalam rentang waktu yang relatif lama. Informasi yang bermanfaat sekali.

Yang unik dari aplikasi Ramadhan Pocket Guide ini, kita bisa mengatur pengingat Shalat dan Sahur dan mengoreksinya sesuai dengan lokasi kita berada. dengan cara meng-klik tombol fitur di kiri atas. Pilih opsi pengaturan. 


Dan kita bisa mencoba suara Adzan, mencoba suara Adzan subuh, mencoba suara Voice Guide, suara Sahur, dan suara notifikasi konten baru. Untuk fitur suara sahurnya cukup lucu seperti suara orang - orang yang membangunkan sahur yang berkeliling di perumahan. 

Kinerja 

Saat mencoba aplikasi Ramadhan Pocket Guide, semua fitur yang ada dapat berjalan dengan lancar. Mungkin karena hanya berisi teks, makanya tidak berat untuk dijalankan. Fitur lampu senter pun dapat berjalan dengan baik pada ponsel yang mempunyai fitur flash. 

Inovasi

Aplikasi Ramadhan Pocket Guide merupakan inovasi yang sangat membantu bagi orang yang membutuhkan banyak informasi tentang Ramadhan. Dan juga tidak hanya fokus tentang Ramadhan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur diskon & free voucher dan arah kiblat. Jadi sangat mengunjungi tempat baru, dan kita tidak mengetahui arah kiblat, dapat menggunakan aplikasi Ramadhan Pocket Guide ini. 

Daya Saing

Dalam memberikan informasi di bulan Ramadhan, aplikasi Ramadhan Pocket Guide mudah digunakan. Salah satunya dengan menggunakan bahasa indonesia sehingga mudah dipahami, dan tidak membuat penggunanya kebingungan. 

Aplikasi Ramadhan Pocket Guide bisa menjadi solusi bagi Anda yang memang menbutuhkan info - info mengenai Ramadhan. Tampilan yang simple memudahkan kita menggunakan aplikasi ini. 

Sumber : Majalah Sinyal edisi 227/XI 3 - 9 Juli 2015
Disadur oleh : Ryan Anggasaputra
Review Aplikasi : Ramadhan Pocket Guide Review Aplikasi : Ramadhan Pocket Guide Reviewed by Ryan Anggasaputra on 7:26:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.