Review Aplikasi - Panic Button - Tombol Panik untuk Gawat Darurat

Aplikasi Panic Button
Kejahatan yang semakin meningkat, membuat kita semakin berhati - hati dimanapun dan kapanpun kita berada. Seperti kita ketahui, beberapa waktu lalu maraknya kejahatan begal dimana - mana. Bahkan menggunakan transportasi roda empat pun kadang masih suka merasa takut.

Transportasi yang kita anggap aman, terkadang masih membuat kita kecolongan, karena kita memang tidak tahu kapan kejahatan mengintai.

Sebagai pengguna smartphone, kita harus bijak dalam penggunaannya. Di era yang semua serba online, serba praktis, dan bisa dilakukan apa saja via ponsel, maka ponsel bisa digunakan untuk melindungi diri kita dimanapun.

Download aplikasi Panic Button di ponsel. Sebagai alat pertama yang bisa kita gunakan, jika saja kita sedang mengalami keadaan darurat, karena keadaan genting bisa saja dihadapi oleh siapapun dan dimanapun.

Aplikasi Panic Button akan cepat mengirimkan pesan singkat ke orang - orang terdekat, sehingga kita tidak perlu menunggu lama. Namun, pastikan kembali, nomor - nomor yang kita cantumkan adalah orang yang bisa bertindak cepat dan sudah pasti bisa diandalkan.

User Interface

User Interface aplikasi Panic Button sangat simple, dan tidak terdapat banyak menu dan fitur. Wajar, karena memang sengaja dibuat untuk dalam keadaan berbahaya. Jadi, jika user interfacenya teralu banyak, menu dan fitur jadi tidak akan efektif saat si pengguna dalam keadaan darurat.

Saat masuk ke halaman utama, pada kolom bagian atas sudah tercantum lokasi keberadaan kita. Di bawahnya terdapat kolom Panic Contact, dibawahnya lagi terdapat tombol berwarna merah. Tombol ini dapat ditekan saat keadaan darurat. Dan dibawahnya lagi ada tombol On/Off, yang saat ponsel dalam keadaan terkunci, aplikasi Panic Button tetap dapat digunakan.

Menu Setup Alert Message
Kemudian, kita akan menemukan menu 'Settings' pada pojok kanan atas. Aplikasi Panic Button hanya menggunakan paduan warna merah dan off white. Dengan background seperti tembok, dengan susunan batu yang terdapat di rumah - rumah.

Menu Profile Panic Button

Fitur

Aplikasi Panic Button, harus di-download di smartphone kita. Tujuannya, agar dapat membantu menginformasikan kepada orang - orang terdekat, saat kita sedang dalam kesulitas atau sedang dalam menghadapi kejahatan.

Pastika kita mengisi Profile, 3 nomor kontak orang yang terdekat, dan buat isi pesan yang kita inginkan, misal : saya salam bahaya, tolong saya. Semuanya terdapat pada menu setting. Dan pastikan kita memahami tips - tips yang sudah diberikan di aplikasi Panic Button

Saat kita menekan tombol Panic yang berwarna merah. Maka aplikasi Panic Button akan segera mengirimkan SMS ke 3 nomor contact yang sudah didaftarkan.

Selain isi SMS yang sudah dibuat di fitur Setting, aplikasi Panic Button juga langsung mengirim lokasi dimana kita berada. Sehingga orang yang menerima SMS bisa langsung menuju ke tempat kejadian.

Panic Button dapat digunakan saat layar ponsel sedang terkunci, namun pastikan kita menekan tombol On/Off-nya. Karena, jika tombol On/Off dalam keadaan mati, Panic Button tidak dapat digunakan saat layar ponsel dalam keadaan terkunci.

Menu On / Off Panic Button
Kita juga bisa mengaktifkan suara seperti Sirine, saat kita menekan tombol Panik. Namun, jika merasa suara tersebut bisa mengganggu, kita bisa non aktifkan. Tinggal klik menu setting, dan pilih menu Play Panic Sound, kita bisa pilih mau di On atau di-Off kan.

Pada aplikasi Panic Button, selalu diberi tips untuk mengaktifkan GPS. Karena fitur GPS ini yang akan membantu kerabat kita atau orang terdekat yang mendapat SMS, kita bisa langsung mengetahui keberadaan kita.

Kinerja

Aplikasi Panic Button dalam kinerjanya lancar. Setelah memasukkan 3 nomor kontak terdekat. Dan saat dicoba tekan tombol merah, suara sirine langsung berbunyi. Seketika itu juga pesan singkat langsung terkirim ke 3 nomor kontak yang sudah didaftarkan. Kemudian, bagi yang menerima pesen singkat, akan langsung mendapatkan isi pesan tingkat yang sudah dibuat pada menu setting. Beserta peta lokasi dimana kita berada.

Inovasi

Merupakan inovasi yang sangat bermanfaat. Karena kita tidak akan tahu kapan kejahatan mengintai kita, Dengan mengunduh aplikasi Panic Button pada smartphone, setidaknya kita sudah melakukan satu usaha untuk membuat diri kita terlindungi dari sebuah kejahatan.

Karena ponsel sudah menjadi barang primer yang selalu ada di  tas, jadi saat terasa sudah tidak aman, kita cukup tekan tombol Panic Button.

Daya Saing

Banyak aplikasi sejenis yang menawarkan kemudahan, saat kita sedang dalam keadaan darurat. Namun, aplikasi Panic Button juga dapat diperhitungkan keberadaannya. Dengan memberikan kemudahan sekali tap pada tombol merah. Maka, sirine berbunyi plus dibarengi pengiriman pesan singkat kepada 3 orang terdekat, dan ditambahi dengan peta lokasi.

Aplikasi Panic Button dengan kemudahannya dapat digunakan oleh semua orang. Aplikasi Panic Button diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi orang - orang yang sedang dalam keadaan darurat atau dalam keadaan berbahaya. Dan dengan pengiriman pesan singkat, orang yang menerima SMS dapat dengan cepat membantu orang tersebut keluar dari bahaya / kondisi darurat.

Fakta :

  1. Sudah di-download sebanyak 10.000 lebih.
  2. Panic Button dikembangkan oleh Developer Appmaska, yang berasal dari India.

Kesimpulan 

Bayangkan saat dalam keadaan darurat, kita tidak tahu harus minta tolong dengan siapa ? Kepanikan pasti mentertai. Tapi kini tidak usah panik. Manfaatkan ponsel kita untuk sebagai alat untuk membantu kita keluar dari kepanikan. Kita bisa men-download aplikasi Panic Button di ponsel, untuk membantu kita keluar dari keadaan darurat. 

Sumber : Majalah Sinyal 238/XII 04 - 17 Desember 2015
Review Aplikasi - Panic Button - Tombol Panik untuk Gawat Darurat Review Aplikasi - Panic Button - Tombol Panik untuk Gawat Darurat Reviewed by Ryan Anggasaputra on 3:36:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.