Review Aplikasi : Snapcart - Dapat Cashback dari Struk Belanja


Kabar gembira bagi kawan - kawan yang senang belanja. Struk belanja kita harus disayang - sayang, karena struk belanja kini bisa menjadi uang.

Kok bisa ? Ya bisa, kini ada aplikasi Snapcart, yang bisa mengubah struk belanja kita menjadi uang,

Apa sih Snapcart itu ? Snapcart merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan pembeli mendapatkan cashback dari foto struk belanja mereka. Hal ini memungkinkan brand bertinteraksi lebih dalam dengan customer melalui aktivitas di aplikasi seperti survei dan selfie. Semakin banyak belanja, semakin cepat terkumpul cashback-nya.

Meski sekarang banyak bermunculan e-commerce dengan penawaran diskon yang besar, masih banyak juga masyarakat yang berbelanja kebutuhan sehari - hari dengan cara offline. Nah, disinilah aplikasi Snapcart punya peranan. Melalui struk belanja yang hanya difoto, bisa menjadi uang tambahan untuk berbelanja kembali, dan ini merupakan keuntungan untuk pembeli.

Bagaimana kita bisa mendapatkan cashback ? Saat nilai cashback berjumlah Rp. 52.500, baru bisa kita cairkan. Oleh karena itu, jika ingin cepat terkumpul cashbacknya, sebaiknya belanja produk yang memberikan promo cashback.

User Interface

Tampilan aplikasi Snapcart layaknya tampilan e-commerce lainnya pada versi mobile. Namun, di Snapcart, produk - produk yang ada bukan produk yang dijual, melainkan produk yang dipromosikan dan memiliki nilai cashback, jika kita membeli produk tersebut.

Pada halaman utama, pengguna dapat melihat ada 3 kolom menu, yaitu menu Cashback, Kategori, dan Bonus. Pengguna tinggal melihat produk mana yang ada nilai Cashbacknya. Di Snapcart, tersedia berbagai macam variasi produk dari berbagai macam kategori. Dan produk - produk yang tersedia di Snapcart merupakan produk - produk harian yang biasa dibeli untuk kebutuhan sehari - hari. Jadi, sangat mudah untuk mengumpulkan nilai cashback-nya.

Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak ada bug. Warna yang ditampilkan juga soft, dengan didominasi warna putih biru. Penggunaan animasi sebagai icon dari kategori suatu produk dan subvitur survei juga menarik.

Fitur

Fitur pertama pada Snapcart ini yaitu fitur Cashback. Pada fitur ini terdapat gambar - gambar produk dengan keterangan harga cashbacknya. Jadi, pembeli mengetahui, produk - produk apa saja yang mendapatkan cashback beserta nominalnya. Dan di pojok kanan bawah terdapat gambar kamera dengan tulisan 'Snap'. Icon ini memudahkan pengguna untuk langsung memfoto struk belanjaannya.

Menu CASHBACK
Kedua, fitur Kategori. Di dalam menu ini, terdapat produk - produk yang memberikan cashback dan sudah dikategorikan sesuai dengan jenisnya, apakah  produk tersebut masuk ke dalam jenis kebutuhan rumah tangga, minuman, makanan, dan lainnya.

Menu CATEGORY
Ketiga, fitur Bonus. Pada menu ini, pengguna akan mengetahui berapa poin yang sudah dikumpulkan, dan kita berada di posisi berapa. Selain itu, pengguna juga bisa mengumpulkan poin dengan melakukan survei atau selfie untuk mendapatkan hadiah tambahan dari Snapcart. Kita tinggal mengisi survei atau foto selfie dengan gambar produk yang sudah diberitahukan pada masing - masing kolom.

Menu BONUS
Tidak terlalu banyak fitu, kolom, dan icon pada Snapcart. Tidak lupa pula dipasang fitur 'Search' yang terdapat di kanan atas, untuk memudahkan kita untuk mencari suatu produk. Di sebelahnya terdapat icon lonceng, yang akan memberikan notifikasi jumlah cashback dan jumlah poin.

Menu Search

Dan seperti aplikasi lainnya, ada fitur tersembunyi di sebelah kiri, dengan icon garis yang bersusun tiga baris. Jika diklik, akan terdapat data kita, jumlah saldo cashback, dan pengaturan.Snapcart sangat simple dan mudah digunakan. Siapapun bisa mengoperasikan aplikasi Snapcart.

Menu Snapcart
Kalau kita selfie, foto hanya bisa di-share di media sosial. Tetapi, di Snapcart Selfie bisa menambah poin. Pilih fitur bonus, klik kolom selfie, dan pilih produk yang tersedia, lalu selfie deh. Maka, poin kita akan bertambah, Mudah kan ?

Yang menjadi poin penting di aplikasi Snapcart, kita tidak akan dipaksa untuk membeli produk yang sedang dipromosikan. Kita bebas mau membeli produk apa saja, dan di gerai mana saja. Cukup foto struk belanja kita, dan dapatkan cashbacknya.

Kinerja

Kinerja Snapcart sangat mudah., dan saat dicoba tidak menemukan kendala. Cukup foto struk belanja, tunggu verifikasi dari Snapcart, dan jika struk belanja kita terdapat produk yang sedang promo, maka kita akan mendapatkan cashback. Struk tidak bisa dikirim jika sudah melewati waktu tujuh hari setelah kita belanja. Dan maksimal kita bisa mengirim struk maksimal 5 kali dalam sehari. Ini untuk mencegah peminjaman struk dari orang lain. Dan cashback kita bisa cairkan jika sudah terkumpul Rp. 52.500. Snapcart dibekali dengan sistem Backend Analytic, yang akan menolak struk Anda jika terdapat keanehan, seperti mengirim struk lima kali dalam waktu lima menit, dengan produk yang aneh dan dengan pengirim yang sama, atau ada struk yang dipinjam, maka akan ditolak.

Inovasi

Snapcart merupakan inovasi yang sangat cemerlang, melihat peluang dari kebiasaan masyarakat dalam kesehariannya, yaitu belanja. Baik belanja di supermarket, atau gerai - gerai yang menyediakan kebutuhan rumah tangga sehari - hari. Nah, sekarang masyarakat dituntut untuk lebih pintar dan bijak dalam menggunakan struk belanja. Yang dahulu setelah belanja pasti dibuang, namun sekarang malah bisa mendapatkan cashback hanya dengan memfotonya.

Daya Saing

Aplikasi Snapcart yang diklaim sebagai aplikasi pertama di Indonesia, merupakan aplikasi yang menawarkan konsep yang berbeda dengan aplikasi belanja yang sudah eksis terlebih dahulu. Snapcart yang didanai oleh Ardent Capital ingin mencoba peruntungannya untuk bisa menjadi daya saing bagi situs - situs belanja online, yang senang memberikan diskon atau jika melakukan pre order akan mendapatkan harga khusus beserta gimmick gimmick yang lucu. Tapi, aplikasi Snapcart, pembeli akan mendapatkan cashback dari hasil belanjanya.

Fakta 

  1. Hinga saat ini, Snapcart sudah menduduki peringkat 20 besar aplikasi belanja gratis, sejak aplikasi ini diluncurkan pada bulan Juni 2015.
  2. Didukung oleh Arden Capital, investor yang sudah lebih dulu sukses mengembangkan e-commerce seperti aCommerce, MOXY, dan Bizzy.
  3. Bekerja sama dengan dua brand yang produknya sudah banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu Nestle dan L'Oreal.
Sumber : Majalah Sinyal edisi 238/XII 04 - 17 Desember 2015
Review Aplikasi : Snapcart - Dapat Cashback dari Struk Belanja Review Aplikasi : Snapcart - Dapat Cashback dari Struk Belanja Reviewed by Ryan Anggasaputra on 12:39:00 AM Rating: 5
Powered by Blogger.