5 Tren Smartphone 2016


Minggu-minggu terakhir di tahun 2015, pengguna internet indonesia khususnya pengguna mobile sedang asik-asiknya menikmati layanan internet generasi ke-empat alias 4G. Pemerintah bersama penyelenggara layanan selular di Indonesia telah meresmikan  penataan frekuensi dan siap menggeber layanan internet kencang di seluruh wilayah indonesia.

Produsen smatphone mau tak mau tak mau harus menyesuaikan spesifiasi produknya terhadap tren tahun mendatang. Jerold Chagas Pereira CEO Videocon Mobile Phones divisi handset memperkirakan bahwa dengan adanya ledakan internet kebutuhan masyarakat akan smartphone akan terfokus pada pengalaman pengguna aplikasi mobile dan layanan nilai tambahan yang didukung oleh teknologi jaringan 4G /LTE.

Pengguna smartphone juga diperkirakan akan memulai tren baru seiring dengan semakin tingginya kesadaran tentang pentingnya sebuah smartphone, ketergantungan digital dan penetrasi yang lebih soal layanan berbasis internet. Saat ini konsumen mulai memakai perangkat pintar ini dengan ditunjang kecepatan akses yang cepat, yang memungkinkan mereka untuk terlibat dalam cara-cara baru, berbelanja dengan cara baru, berinteraksi dengan cara baru yang lebih menghibur dan mendidik.

Di bawah ini merupakan 5 buah tren yang diperkirakan akan menjadi acuan produsen smartphone dalam mengelurkan produk barunya di tahun 2016.

1. Penampilan

New Design in Smartphone
Smartphone semakin besar dan semakin ramping. Konsumen juga mulai bersiap-siap untuk desain yang lebih trendi dan fokus buat anak muda. bahan berkualitas, finishing yang detail, tampilan glossy, dan teknologi perlindungan terkini akan sangat mengubah tampilan ponsel di tahun 2016. Dengan semakin popularnya piranti sedang (Wearable Device) kemampuan motion capture dan tombol kontrol telepatik kemungkinan juga akan disertakan dalam sebuah smartphone.

2. Kecepatan

Fast Smartphone
Dengan kecepatan inovasi teknologi yang terjadi disektor mobile smartphone baru memungkinkan akan datang dengan RAM yang lebih tinggi, prosesor yang lebih tinggi. Beberapa smartphone sudah mengadopsi RAM 4 GB, sementara beberapa flagship masih memakai RAM 3GB, akibatnya kita bakal sering melihat aplikasi benchmark bakal lebih sering mengupdate fiturnya untuk mengakomodasi perlombaan spesifikasi smartphone yang semakin cepat ini.

3. Pengalaman Pengguna

Pengalaman Pengguna Smartphone
Dengan mengacu pada ponsel pintar kelas high-end terdapat beberapa kecenderungan peranan teknologi yang muncul saat ini seperti resolusi layar 4K dan scanner sidik jari yang mendorong kompetisi lebih lanjut dalam kategori smartphone. Didukung oleh layanan LTE 4G pengalaman menonton video diperkirakan akan lebih seru dengan adopsi layar smartphone berresolusi layar tinggi. Kamera utama dengan fitur optical image stabilization akan menjadi kian popular dan kamera depan juga akan menjadi semakin penting.

4. Utilitas

Wireless Charger
Baterai  masih menjadi masalah terbesar bagi smartphone. Kinerja smartphone yang semakin intens sangat menguras energi. Tren terbaru Fast Charging akan semakin cepat lagi dan akan menjadi tren yang terus menerus di 2016. Wireless Charger  juga akan menambah nilai positif dalam sebuah ekosistem dalam smartphone. Saat ini beberapa aplikasi dan games sering disajikan kedalam beberapa bahasa dan hal ini diperkirakan akan terus berlanjut di 2016. Smartphone terbaru akan menghampiri pasar dengan fitur sinkronisasi  dengan beberapa endpoint dari piranti sanadang untuk ponsel tablet dan aplikasi web.


5. Keamanan

Keamanan di Smartphone
Industri mobile adalah industri yang sangat dinamis. Intensitas pengguna mengakibatkan kehadiran smartphone dalam kehidupan menjadi lebih penting dan personal. Di satu sisi lain hal ini juga berakibat semakin tingginya angka ancaman dan serangan digital terhadap smartphone. Di tahun 2016, isu privasi dan keamanan  akan menjadi prioritas bersamaan. Smartphone-smartphone yang meluncur di 2016 diperkirakan bakal dibundling dengan fitur keamanan dan antivirus  yang lebih baik.

Semakin banyak hardwere dan kemungkinan pengumpulan data kontak secara tidak sah akan memicu dimulainya serangan phishing. Tren baru seperti iris scanner (scanner retina mata) akan memberikan perlindungan keamanan ekstra untuk smartphone.

Sumber : Majalah Pulsa edisi 327 Th I / 2016 / 02 - 10 Januari 2016

Disadur oleh : Mutia
5 Tren Smartphone 2016 5 Tren Smartphone 2016 Reviewed by Ryan Anggasaputra on 10:43:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.