Review : OPPO R7s

OPPO R7s
Model layar di lineup "R7 Series" ini menawarkan ukuran layar yang lebih luas, baterai yang lebih tangguh serta RAM yang lebih besar. Seperti beberapa pendahulunya, sokongan teknologi VOOC Flash Charge juga dijadikan OPPO R7s sebagai salah satu smartphone dengan pengisi daya tercepat saat ini. Tak hanya itu, smartphone dengan desain premium ini pun dibekali jaringan 4G LTE yang saat ini sudah resmi komersilkan di Indonesia.

Mari kita lihat review-nya :

Desain Ramping dengan Bahan Logam


OPPO R7s - desain logam
Dibanding dengan seniornya R7 Lite, smartphone anyar OPPO R7s ini memiliki ukuran bodi yang lebih bongsor. Pasalnya OPPO R7s membawa ukuran layar lengkung  2.5D yang memang lebih luas yakni 5.5 inci dengan resolusi layar Full HD yang diklaim mampu menampilkan gambar dan warna cukup tajam.

Seperti flagship OPPO lainnya, OPPO R7s pun dibalut dengan 92,3% material logam premium dengan bezel yang tipis 2,2 mm yang membuatnya terlihat slim namun memiliki struktur bodi yang lebih kokoh dan kuat. Tak seperti smartphone yang lain dengan bodi berlapis kaca yang mudah licin , cover belakang OPPO R7s terasa kesat dan sangat nyaman digenggam.

Konsep desain yang diterapkan OPPO R7s adalah unibody. Artinya kita tidak bisa melepas cover belakang dan baterainya tertanam di bodi. Semua panel kontrol pun diletakan di sisi bodi. Termasuk SIM card tray yang posisinya ada di sisi atas tombol / lock screen.

Untuk mengeluarkan kompartemen kartu SIM. Anda harus menggunakan SIM ejector tool yang disertakan dalam paket penjualan. Dibagian dalamnya tersedia dua slot SIM card yang salah satunya juga berfungsi ganda sebagai slot kartu microSD.

Menariknya OPPO R7s menerapan konsep kartu SIM yang cukup Fleksibel yakni menyediakan slot SIM dan micro SIM. Jadi anda yang memilii kartu micro SIM tidak perlu memotong menjadi nano SIM.


RAM Besar dan Baterai Tahan Lama

OPPO R7s - RAM 4G
OPPO R7s bisa dibilang sebagai smartphone dengan RAM 4GB kedua OPPO setelah R7 Plus 64GB. Jeroan yang menjadi andalannya ini dipadukan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 615 Octa-core 64 bit dan memori internal 32GB dengan tambahan slot microSD hingga 128GB.

Kombinasi ini menghasilkan kinerja yang optimal, cepat dan juga lancar saat dijajal menjalankan fungsi multitasking serta memaikan games berat.

Untuk memastian perfoma keseluruhan OPPO R7s ini berjalan optimal, PULSA juga mengujinya menggunakan beberapa AnTuTu Benchmark. Saat ini menggunakan angka 35298. Sementara dengan Geekbench3, OPPO R7s memperoleh nilai 690 untuk single core dan 2946 untuk multicore dengan posisi sedikit dibawah Samsung Galaxy S5.

Perfoma optimal dari OPPO R7s juga tak lepas dari sokongan baterai berkapasitas besar yakni 3070 mAh yang ditopang dengan teknologi VOOC Flash Charger. Dengan teknologi ini, OPPO R7s menjadi salah satu dengan smartphone yang pengisi daya baterainya tercepat saat ini. Dalam waktu 5 menit isi ulang OPPO R7s dapat menghasilkan 2 jam waktu bicara.

Selain itu perfoma baterai ponsel ini juga bisa lebih tahan lama berkat hadirnya penghemat baterai  yakni "Super Power Saving" yang bisa diaktifkan dari menu Security Center > Energy Saving.


ColorOS 2.1 Lebih baru Lebih Cepat dan Lebih Stabil

OPPO R7s - ColorOS 2.1
Di beberapa smartphone flagship yang didukung RAM 4GB kerap masih suka mengalami lag. Di OPPO R7s, sepanjang pengujian PULSA tidak ditemukan kondisi tersebut. Hal ini bisa jadi disebabkan karena ponsel ini memiliki manajemen file versi terbaru yang berbasis Android 5.1 Lolipop.

Platfom OS ini memberikan kecepatan booting 30% lebih baik ketimbang versi OS sebelumnnya. Artinya OPPO R7s bisa langsung aktif dengan cepat setelah kita nyalakan. Tidak menunggu lama layaknya smartphone flagship yang rata-rata memerlukan watu hampir 30 detik bahkan lebih.

Poin plusnya platfom OS yang dibawa OPPO R7s ini menyajikan fitur pembersihan otomatis. 10 menit layar tida digunakan sistem akan otomatis menghapus aplikasi yang memenuhi RAM sehingga kinerja OPPO R7s tetap terjaga.


Kamera Terbaik di Kelasnya

OPPO R7s - Best Camera
Sektor ini OPPO R7s tetap mengakomodasi fasilitas yang ada dijajaran smartphone flagship OPPO. Kameranya menggunakan lensa Schneider Kreuznach dan software algoritma kamera Pure Image Technology 2.0 yang menjadi fitur andalan OPPO. Kombinasi ini mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan detail gambar serta warna yang tajam serta natural.

Seperti halnya OPPO R7 Series lain, OPPO R7s juga dibekali kemampuan untuk mendapatkan focus objec bidikan dengan cepat. Ada juga beragram fitur fotografi profesional yang dapat dipilih untuk menghasilkan foto terbaik.

Salah satunya adalah Ultra HD yang memungkinkan kamera 13 MP miliki OPPO R7s mampu mengambil gambar berukuran 50 MP yang cukup bagus meski dalam kondisi cahaya rendah (Low Light). Hasil tes PULSA model ini memang sanggup menghasilkan foto seukuran poster, namun hasilnya masih kerap dihiasi sedikt noise.

Untuk kawan - kawan yang hobi berekplorasi bisa menjajal mode "Slow Shutter" super macro Double Expouse dan panorama.

Nah untuk kawan - kawan yang hobi selfi, OPPO R7s juga menyertakan kemera depan OV8858 f/2.4 serta didukung fitur Beautiyfy 3.0 dengan berbagai filter keren.


Dual SIM 4G LTE Bisa Semua Operator

OPPO R7s - Dual SIM Tray
Seperti disinggung sebelumnya OPPO R7s tetap menyertakan kemampuan Dual SIM Dual Stand by. Kedua slot SIM card ini juga mendukung jaringan 4G LTE baik FFD (900/1800 MHz) maupun TDD (2300 MHz). Artinya kita bisa menggunakan kartu SIM 4G LTE semua operator selular di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat bahkan Smartfren dan Bolt. Sayangnya PULSA mengujinya dengan menyisipkan kartu Smartfren, OPPO R7s agak susah terkoneksi dengan jaringan operator milik Sinarmas ini.

Pasalnya ponsel ini tidak bisa mendeteksinya dengan otomatis. Namun kita harus melakukan pengaturan secara manual dan memilih tipe jaringan ke "LTE Only".

Untuk pengaturan konesi data termasuk penggunaan slot SIM card, OPPO R7s menyertakan opsi menu yang mudah digunakan. Hanya saja smartphone ini tidak didukung dengan koneksi NFC.

Selebihnya seperti WIFI, WIFI Direct Tethering, Bluetooth dan juga port micro USB( USB OTG ) tetap tersedia dengan komplit.

Sumber : Majalah Pulsa edisi 327 Th I / 2016 / 02 - 10 Januari 2016

Disadur oleh : Mutia

Review : OPPO R7s Review : OPPO R7s Reviewed by Ryan Anggasaputra on 11:22:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.