Mengenal Lebih Awal tentang Android N


Google beberapa hari lalu telah merilis preview Android N pertama kali untuk para developer-nya. Sistem operasi preview ini dihadirkan untuk perangkat smartphone dan tablet yang akan mendapat update pembaruan pada tanggal 18 Mei 2016. Dan akan diluncurkan secara penuh pada musim gugur tahun ini.

Sedangkan untuk nama resminya sendiri Android N masih dirahasiakan oleh Google, meski beberapa nama seperti Nutella, Nougat, dan Nerds telah menjadi favorit banyak orang. Hal tersebut tentunya akan mengikuti tradisi Google yang menamai sistem operasinya dengan nama - nama makanan penutup atau makanan manis. Diharapkan informasi lebih lanjut tentang sistem operasi Android N ini akan langsung diungkap pada acara Google I/O pada bulan Mei mendatang.

Banyak Fitur - Fitur Baru yang Masih Terasa Asing Oleh Pengguna Android

Balas Dari Pemberitahuan

Notifications Android N
Preview Notification Android N 
Kali ini kita dapat membalas pesan masuk langsung dari pemberitahuan yang tidak mengharuskan kita meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan. Beberapa pemberitahuan dari aplikasi yang sama sekarang digabung menjadi satu untuk menyelamatkan kekacauan layar dan dapat memperluas mereka dengan menekan tombol ekspansi baru agar dapat melihat individu dari aplikasi yang sama atau dengan menggunakan gerakan dua jari.

Daya Tahan Baterai yang Ditingkatkan Dengan Mode Doze

Teknologi pada smartphone saat ini semain baik. Yang dahulunya smartphone hanya menggunakan satu prosesor dengan RAM kecil, sekarang telah ada prosesor untuk smartphone dengan enam sampai delapan core dan RAM super besar. Begitu juga dengan teknologi layar smartphone yang semakin bening untuk dilihat. Teknologi tersebut tidak diimbangi dengan teknologi baterai pada smartphone seperti Litium Ion, dalam beberapa tahun ini tidak ada kemajuan yang bearti sama sekali. Semakin kencang prosesor smartphone tentu memakan daya baterai yang tidak sedikit. Akhirnya smartphone sekarang lebih cepat kehabisan daya baterai.

Jika dari hardware berupa baterai tidak memiliki kemajuan, maka Google mencoba mengatasinya pada sisi software di Android. Sejak diperkenalkannya fitur Doze pada Marsmallow, membawa angin segar untuk pengguna Android. Dengan fitur ini memungkinkan perangkat smartphone mereka masuk ke mode penggunaan daya yang sangat rendah ketika layar smartphone dalam keadaan mati dan perangkat terdeteksi dalam keadaan diam. Fitur ini kembali mendapat perhatian lebih pada Android N. Google membuatnya lebih praktis daripada sebelumnya.

Nah, pada Marshmallow fitur Doze ini memiliki kelemahan. Ketika kita sering bepergian dan smartphone diletakkan di dalam saku celana, atau ketika berada di bus atau bergeser atau bergerak, sehingga fitur Doze ini menjadi tidak efektif. Untuk benar - benar memanfaatkan fitur ini, kita harus meletakkan smartphone Android di atas meja.

Tapi tidak mungkin kan smartphone kita ditinggalkan ketika bepergian ? Apalagi tiap menit kita membuka smartphone.

Nah, fitur baru Doze pada Android N ini dapat bekerja setelah layar smartphone mati dalam jangka waktu tertentu terlepas apakah smartphone tersebut bergerak atau tidak. Dengan beberapa peningkatan dan tweak tambahan melalui Project Svelte, fitur ini akan bekerja efisien dengan mendukung lebih banyak perangkat daripada sebelumnya tidak peduli aplikasi apa saja yang dipasang.

Android N Mempunyai Informasi Darurat

Hadirnya versi Android N juga masih terlalu dini karena peluncuran versi penuhnya diperkirakan hadir pada akhir tahun ini. Akan tetapi semenjak versi developer build diluncurkan, ada banyak para pengembang yang mulai sibuk dengan OS versi awal dari Android N ini.

Google sendiri memang telah membuat daftar catatan rilis yang menyebutkan tentang fitur - fitur baru yang dimiliki oleh Android N. Akan tetapi ada beberapa fitur - fitur yang cukup unik yang tersembunyi dalam OS Android ini. Salah satunya adalah fitur informasi darurat yang akan menyimpan sejumlah informasi pribadi kita.

Seperti apakah fitur tersebut ? Perlu kita ketahui bahwa sekarang ini telah banyak cara bagi kita untuk menyimpan informasi pribadi yang sangat penting dan akan sangat mudah bagi kita dalam mengangkat telepon, meskipun dalam keadaan darurat sekalipun. Dan kali ini Google dapat membuatnya menjadi sedikit lebih rumit dan sudah tersedia pada pesan LockScreen.

Fitur ini juga sangat memungkinkan bagi kita untuk memasukkan informasi secara pribadi seperti nama, alamat, dan tanggal lahir, dan juga fakta - fakta medis penting lainnya, seperti jenis darah, jenis alergi, dan kondisi khusus lainnya yang dapat kita miliki atau obat yang kita butuhkan. Ini tentu sangat berharga bagi respon pertama bagi tim medis dalam kasus darurat. Tidak ada salahnya bagi kita untuk mempersiapkan sejak dini.

Fitur ini juga sudah hadir di versi developer build Android N yang dapat ditemukan pada Pengaturan > Pengguna pada menu atau dengan memilih untuk pergi melalui langkah - langkah tambahan pada sebuah akhir proses perangkat setup awal. Atau ketika sedang pertama kali menyiapkan smartphone.

Pada saat ini tentu saja menu hanya bisa memiliki pilihan Info Darurat saja, yang menyisakan ruang untuk berbagai fitur baru lainnya yang lebih menarik. Setelah semua informasi ini dapat diatur, informasi tersebut juga dapat dibawa oleh beberapa layanan misalnya tombol "Darurat" yang muncul di layar kunci / Lock Screen perangkat kita.

Dengan hal tersebut, tentu saja akan segera otomatis dapat diakses terlepas dari keamanan kunci. Akan tetapi, versi ini merupakan versi developer build dari Android maka hal tersebut tentu saja diharapkan fitur ini akan dapat diperbaharui atau diperkaya penuh dari versi Android N.

Dukungan Multi-Windows

Multi Windows Android N
Preview Multi Windows Android N
Dengan adanya fitur ini secara bawaan tentu hal tersebut dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaa sehingga terasa lebih mudah. Fitur ini juga akan sangat membantu ketika kita sedang menonton video dan diharuskan membalas pesan messanger atau membalas email tanpa harus menghentikan video yang sedang diputar.

Tim yang telah bekerja pada sistem Android N juga memastikan bahwa jika layar perangkat yang sedang tidak aktif maka akan secara otomatis semuanya mati sehingga baterai akan semakin awet dan efisian. Preview Android N tersedia untuk Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9, dan perangkat Pixel C. Versi Android N juga diperuntukkan kepada developer ketimbang konsumen umum karena sistem Android N masih belum stabil dan masih banyak bugs yang dapat menggangu jika digunakan sehari - hari.

Sumber : Majalah Pulsa  edisi 333 Th XII/2016/30 Maret - 12 April
Mengenal Lebih Awal tentang Android N Mengenal Lebih Awal tentang Android N Reviewed by Ryan Anggasaputra on 9:29:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.