Review : LG G5 SE

lg g5 se review
LG G5 SE
LG G5 hadir kembali dengan seri terbaru 'adiknya', yaitu LG G5 SE. Versi LG G5 Se yang sedikit dibawah LG G5 ini hadir dengan segala fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh LG G5, seperti konsep desain modular, kamera canggih dengan teknologi unggulan terkini dari LG, jaringan dual sim card 4G LTE, hingga baterai yang sudah mendukung Quick Charge. 

Mari kita lihat review LG G5 SE :

Konsep Desain Modular


lg g5 se modular design
Desain Konsep Modular - LG G5 SE
Secara kasat mata, tak ada yang aneh dari fisik LG G5 SE ini. Kontruksi desain ponsel ini layaknya smartphone yang beredar di pasaran. Hadir dengan bodi yang cukup slim dan ringan, serta dibalut dengan material metal dengan sudut bodi rounding.

Namun, jika diperhatikan lebih teliti, LG G5 SE memiliki sebuah panel khusus untuk melepas kompatermen baterai yang posisinya ada di dasar bodi. Cukup menekan panel tersebut dan menggeser sebagian bodi ponsel ini, kita bisa melepas baterai dan memisahkan baterai dari sangkarnya. Jadi, sewaktu – waktu ponsel hang, kita tinggal mencabut baterainya. Atau ketika baterai bawaan nge-drop, kita juga bisa menggantinya dengan baterai baru. Inilah salah satu konsep modular yang coba ditawarkan LG G5 SE. Meski terkesan nanggung, namun inovasi yang ada di LG G5 dan G5 SE ini termasuk revolusioner. Ponsel ini juga bisa dipasangkan dengan beberapa aksesoris modular tambahan semisal LG Cam Plus dan LG Hi-Fi Plus yang dijual terpisah.

Layaknya ponsel berkonsep unibodi, LG G5 SE juga menyertakan SIM Card tray di sisi bodinya. Di slot yang harus menggunakan pin ejector untuk mengeluarkannya, Kita akan menemukan dua baki SIM Card berkonsep Hybrid. Artinya, salah satu baki berfungsi ganda, selain untuk SIM Card, juga bisa berfungsi untuk kartu memori microSD. Hanya saja, ponsel ini menggunakan konsep Nano-SIM di kedua baki.

Layar Super Jernih Always On

lg g5 se always on display
Always On Display - LG G5 SE
Sektor ini sepertinya tidak perlu diragukan. Layar IPS LG G5 SE mampu tampil prima di segala kondisi, bahkan dibawah terik sinar matahari langsung pun tetap mampu memancarkan tampilan yang jernih dan terang. Layarnya sendiri memiliki resolusi Quad HD dengan 850 nit, yang mampu meningkatkan brightness hingga 60%.

Display LG G5 SE dibekali dengan teknologi 3D Arc Glass, dengan struktur yang agak sedikit melengkung  serta menyatu dengan bodi. Nyaris terlihat tanpa bezel. Yang paling menarik, layar LG G5 SE didukung dengan teknologi ‘Always on Display’. Artinya, layar akan selalu aktif dalam mode khusus, meski sejatinya dalam posisi lockscreen. Keuntungannya, kita bisa terus memantau semua notifikasi yang masuk tanpa harus mengaktifkan layar ponsel.

Kamera Canggih dengan Fitur Terkini dari LG

lg g5 se camera
Main Camera 16 MP + 8 MP - LG G5 SE
Layaknya tren kamera smartphone flagship masa kini, LG G5 SE pun dilengkapi teknologi terbaru kamera. Dibagian belakang, terdapat duah buah kamera dengan resolusi utama 16 MP, plus 8 MP tambahan yang berfungsi sebagai kamera wide angle dengan sudut pandang hingga 135 derajat. Jadi, kita bisa mengambil foto dengan sudut yang lebar maupun normal.

Tidak hanya itu saja, kamera ponsel ini juga dilengkapi sensor infrared untuk auto fokus yang cepat dalam menangkap objek. Semuanya tersaji dengan apik, termasuk dukungan beragam fitur kamera terkini dengan kemampuan zoom out ultra wide (0.5x) dan zoom ini hingga 8x hanya dengan pinch (mencubit) layar dalam mode viewfinder kamera akif.

Fitur menarik lain yang dibawa kamera LG G5 SE adalah mode Pop Out Picture. Disini, kita bisa mengambil foto dengan gambar yang seolah – olah menyembul keluar. Atau mode Multi-view yang menampilkan  foto frame saat ingin mengambil gambar berbeda, dan bisa dipercantik dengan efek Fish-Eye, B&W, Vignette serta Lens-Blur.

Hasil foto LG G5 SE mampu tampil prima dengan detil gambar yang cukup tajam dan pancaran warna yang natural. Baik untuk foto outdoor maupun indoor. Apalagi kamera LG G5 SE juga sudah didukung dengan teknologi OIS (3-axis). Bagi yang ingin mengasah kemampuan fotografi, juga disediakan mode ‘manual’ dengan opsi pengaturan yang cukup mudah dieksplor.

Sementara untuk pencinta Selfie, LG G5 SE juga siap memanjakan dengan kamera 5 MP di bagian depan. Mode Beauty, opsi Palm, dan Voice Capture bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto diri dengan lebih maksimal.

Hardware Mirip LG G5, Performa yang tidak kalah dari kakaknya

LG G5 SE bisa dibilang versi murah dari LG G5. Hal ini sesuai dengan harga yang berbeda sekitar Rp 1 Jutaan. Sebagai produk ‘bawah’ tentu saja ada beberapa hal yang dibuat berbeda. DI LG G5 SE ini, LG menurunkan spesifikasi hardware, terutama di bagian chipset dan memori.

LG G5 SE menggunakan chipset Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652, bandungkan dengan  LG G5 yang sudah memakai Snapdragon 820. Untuk memori, LG G5 SE dibekali RAM 3 GB, sementara LG G5 menggunakan RAM 4 GB. Otomatis, performa hardwarenyapun jauh dibawah LG G5, bahkan setingkat dibawah Meizu Pro 6. Namun, jika dikomparasi dengan iPhone 6, performa LG G5 SE terbilang tak jauh berbeda.

Dicoba dengan beberapa aplikasi pembanding, Antutu, LG G5 SE mendapatkan skor 75989. Menggunakan Quadrant Standard mendapat nilai 31351. Sementara dengan Geekbench 3, LG G5 SE mendapat poin 1455 single-core dan 4775 untuk multi-core.

Soal grafis, Adreno GPU @600MHz yang digunakan LG G5 SE mampu menampilkan gambar yang cukup apik. Baik ketika digunakan untuk bermain game 3D, maupun menonton video full HD. Ketika diuji menggunakan aplikasi NenaMark 2, grafis LG G5 SE ini memperoleh nilai 60.1 fps.

Beralih ke baterai, seperti dibahas sebelumnya, LG G5 SE menerapkan konsep modular yang mana baterainya bisa dilepas. Kapasitasnya 2800 mAh. Untuk ukuran smartphone saat ini, baterai yang dibawah LG G5 SE memang tergolong kecil. Meski begitu, sumber power ini mampu memberikan performa yang baik sepanjang hari. Terlebih, jika kita mengaktifkan mode penghemat baterai. Poin plusnya, LG G5 Se dilengkapi dengan teknologi Quick Charge besutan Qualcomm. Dalam waktu 30 menit, mampu mengisi baterai hingga 83%.

Dual SIM 4G LTE Semua Operator Indonesia

lg g5 se dual sim 4g lte
Dual SIM Hybrid 4G LTE - LG G5 SE
Seperti halnya smartphone layar flagship LG terkini, LG G5 SE pun sudah didukung jaringan 4G LTE di kedua slot SIM Card. Kita tinggal mengaturnya di Dual SIM Card Managemen. Poin menariknya, jaringan 4G LTE di LG G5 SE ini sudah mendukung sebagian besar band frekunsi LTE yang ada di Indonesia, seperti LTE 3 (1800), 5 (850), 7 (2600), 20 (800) dan 40 (2300). Artinya, kita bisa menggunakan semua operator 4G LTE yang ada di Indonesia, seperti Indosat, Telkomsel, XL, Tri, maupun Smartfren.

Yang menarik, 4G LTE di LG G5 SE mendukung Cat 6, yang diklaim bisa mengantongi kecepatan akses data hingga 300 Mbps (download) dan 50 Mbps (upload).

Sebagai informasi tambahan, LG G5 SE juga menyertakan semua koneksi yang ada seperti NFC, Bluetooth v4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Hotspot, Infrared. Nah, untuk infrared, kita bisa memanfaatkannya sebagai remote control universal beragam perangkat elektronik rumah tangga.


lg g5 se usb c port
Port USB C - LG G5 SE
Sementara untuk port USB, LG G5 SE sudah menggunakan USB type – C 1.0 reversible connector, yang mendukung koneksi USB on the go. Sayangnya, tipe konektor ini masih jarang digunakan perangkat smartphone, hanya sebagian flagship saja yang mulai menggunakan USB jenis type – C.

Itulah review mengenai LG G5 SE. Apakah teman - teman berminat untuk membelinya ?

Review : LG G5 SE Review : LG G5 SE Reviewed by Ryan Anggasaputra on 12:05:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.