10 Rahasia Google Photos



Halo teman - teman,

Kali ini kita akan membahas mengenai 10 rahasia dari aplikasi Google Photos. Ini adalah aplikasi yang wajib digunakan oleh para pengguna smartphone Android. Google Photos berfungsi untuk secara otomatis melakukan back up foto yang tersimpan di ponsel kita. Ayo kita kenali lebih dalam mengenai Google Photos.

Berikut ini adalah 10 Rahasia Google Photos :

1. Multiplatform

Pertama kali diperkenalkan pada event Google I/O 2015, Google Photo merupakan layanan manajemen foto buatan Google yang dapat berjalan di sistem operasi smartphone Android dan IOS. Selain dari perangkat mobile, Google Photo juga memungkinkan kita untuk melakukan sinkronisasi gambar dan video pada PC yang menjalankan operasi Windows dari Microsoft.

2. Punya Layanan Cloud

Google Photos menyediakan penyimpanan akan atas semua foto dan video yang kita miliki dengan jumlah kapasitas yang tidak terbatas. Agar mendapatkan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, kita disarankan memilih gambar kualitas tinggi dengan masuk ke settings -> upload size, dan lanjutkan dengan memilih 'hight quality (free unlimited space'. Dengan memilih kualitas tinggi, maka Google akan menawarkan kepada kita ruang penyimpanan tanpa batas untuk gambar dengan kualitas maksimal 16 MP serta video tingkat resolusi maksimal 1080p.

3. Mampu Mencegah Duplikasi

Untuk mencegah duplikasi penyimpanan foto dan video, maka Google menerapkan algoritma yang akan secara otomatis mendeteksi gambar atau video yang sama. Google akan mencegah proses upload Gambar dan video yang sama sehingga kita tidak perlu repot lagi mencari - cari foto dan video mana saja yang sama.

4. Mudah Menemukan Foto Kembali

Agar gambar dan video yang kita simpan lebih mudah dicari, pastikan kita memberi nama pada semua foto yang diploid. Dengan adanya nama, maka jika kita ingin mencarinya nanti akan lebih mudah berkat adanya fitur photo search yang sudah bagian terintegrasi pada Google Photo.

5. Mudah Memilih Banyak Foto Sekaligus 

Pilih beberapa foto yang diinginkan dengan menahan foto tersebut dan menggulirkan jari kita sampai semua foto yang terpilih tampak memiliki tanda bertanda berwarna biru. Sementara jika melakukannya dengan PC, maka kita tinggal menggunakan tombol shift pada keyboard.

6. Mode Thumbnail Mudah Dilihat Kembali

Pengguna bisa melina seluruh foto pada Google Photo dalam bentuk kotak / thumbnails berukuran sedang yang dapat diperbesar atau perkecil cukup dengan merentangkan atau mencubitnya. Ukuran thumbnails nantinya akan menyesuaikan dengan layar ponsel kita.

7. Memiliki Fitur Assistant

google photos assistant menu
Google Photo - menu Assistant
Dengan fitur Assistant, kita bisa mengatur supaya seluruh foto dalam perangkat dihapus begitu Google Photo berhasil menyelesaikan proses backup foto ke penyimpanan awan. Kita bisa memilih mengosongkan ruang penyimpanan perangkat secara manual atau membiarkan Google untuk menghapus seluruh foto dan video yang telah disimpan di perangkat lebih dari janela waktu 30 hari.

8. Memiliki Editor Bawaan

Jika kita ingin mempercantik foto, maka kita dapat mengedit foto tersebut dengan memilih ikon menyerupai pensil yang ada di sueur kanan atas. Dengan fitur editor yang disediakan, maka kita dapat melakukan crop, mengubah warna, dan kecerahan serta menambahkan efek bayang atau menerapkan filter layaknya gambar yang akan diploid ke instagram.

9. Mendukung Album

google photo albums menu
Google Photo - menu Albums
Begitu selesai mengedit foto, maka kita bisa membuat album foto yang kemudian dapat dibagikan kepada teman. Kita dapat memilih untuk mengizinkan orang lain hanya melihat atau ikut menambahkan foto ke dalam album. Jika kita hanya ingin memperlihatkan foto, maka kita dapat membuka settings album berkaitan dan melanjutkannya dengan memilih sharing options untuk kemudian memilih tautan URL yang diberikan kepada orang lain. Jika ingin orang lain juga dapat turut menambahkan foto ke album, maka kita cukup memilih ikon share dan menggeser tomboy disebelah let others add their photos.

10. Sistem Kompresi untuk Mempercepat Akses

Seluruh foto yang diunggah ke penyimpanan awan Google Photo akan dikompresi lebih dulu sehingga kita dapat mengoptimalkan kecepatan akses foto saat kita membagikannya kepada orang lain.

Demikianlah 10 Rahasia Google Photo. Semoga bermanfaat untuk teman - teman semuanya.
10 Rahasia Google Photos 10 Rahasia Google Photos Reviewed by Ryan Anggasaputra on 11:03:00 PM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.