Mengenal Fungsi HLOOKUP di Microsoft Excel

Di dalam Microsoft Excel, fungsi HLOOKUP digunakan untuk mengambil data sel dari suatu kolom tabel horizontal. Atau fungsi ini digunakan untuk membaca tabel Horizontal dengan menggunakan nilai kunci pembanding, serta offset baris (nomor urut baris) yang menunjukkan posisi data yang akan dibaca pada baris - baris tabel horizontal.

Bentuk dari fungsi HLOOKUP adalah :

=HLOOKUP(Lookup_value;Table_array;Col_index_num;Range_lookup)

Keterangan :
  • Lookup_value, merupakan alamat cell yang digunakan sebagai kunci pembacaan tabel. 
  • Table_array, merupakan nama range tabel yang akan dibaca, dimana baris pertama dalam range tabel tersebut harus berisi nilai kunci pembanding yang akan dibandingkan dengan nilai kunci pada tabel induk. Data - data dalam tabel yang diberi nama range harus diurutkan terlebih dahulu dengan metode pengurutan Ascending.
  • Row_index_num, merupakan nomor urut baris yang digunakan sebagai penentu posisi atau nomor urut kolom pada tabel data yang akan dibaca.

Langkah membuat nama range untuk alamat range cell yang berisi data table sama seperti langkah untuk membuat range pada pembahasan fungsi VLOOKUP

Sedangkan langkah untuk mengurutkan data secara Ascending pada suatu tabel data horizontal (pembacaan data mulai dari kiri ke kanan) adalah :

1) Seleksi range cell yang berisi nilai - nilai yang akan diurutkan.

mengenal fungsi hlookup di microsoft excel
Gambar : Data tabel yang akan diurutkan

2) Klik tombol Sort & Filter di dalam tab Home - grup Editing, dan pilih perintah Custom Sort untuk membuka dialog Sort.

mengenal fungsi hlookup di microsoft excel
Gambar : Tombol Sort & Filter dan kotak dialog Sort

3) Klik tombol Options untuk membuka kotak dialog Sort Options.

mengenal fungsi hlookup di microsoft excel
Gambar : Kotak Dialog Sort Options

4) Pilih pilihan Sort Left to Right untuk mengurutkan data tabel dari kiri ke kanan.

5) Klik OK untuk kembali ke kotak dialog Sort.

6) Pilih Row 2 pada bagian Row untuk mengurutkan data tabel berdasarkan data pada baris pertama (Row 2).

7) Pilih A to Z pada kolom Order untuk mengurutkan data secara Ascending.

mengenal fungsi hlookup di microsoft excel
Gambar : Kotak Dialog Sort

8) Klik OK dan perhatikan hasil mengurutkan tabel.

mengenal fungsi hlookup di microsoft excel
Gambar : Data Tabel setelah diurutkan
Setelah belajar singkat bagaimana cara mengurutkan data tabel pada sebuah tabel horizontal, selanjutnya perhatikan contoh penggunaan fungsi HLOOKUP di bawah ini :

mengenal fungsi hlookup di microsoft excel
Gambar : Data yang digunakan dalam fungsi HLOOKUP
Gunakanlah fungsi HLOOKUP untuk mengisi kolom Nama Barang dan Harga Barang dengan data yang diambil dari tabel data horizontal yang telah disiapkan sebelumnya (tabel bawah).

Pilih sel O2 (mewakili kolom Nama Barang) dan isi dengan rumus:

=HLOOKUP(M2;HARGA_BARANG;2)

Argumen Lookup_value pada sel A2 mewakili sampel data untuk Kode Barang. Table_array berisi nama range: HARGA_BARANG yang mewakili penulisan alamat range table data (range N10:Q12). Dan Row_index_num terisi dengan nilai 2, yang menunjukkan posisi nomor urut baris pada tabel data yang dibaca atau diambil datanya.

Selain dengan bentuk penulisan rumus diatas, juga dapat mengisi kolom Nama Barang juga dapat dilakukan dengan bentuk penulisan rumus berikut :

=HLOOKUP(M2,$N$10:$Q$12,2)

Sedangkan rumus untuk mengisi kolom Harga adalah :

=HLOOKUP(M2,HARGA_BARANG,3) atau
=HLOOKUP(M2,$N$10:$Q$12,3)

Demikianlah tutorial singkat tentang fungsi HLOOKUP di Microsoft Excel.

Semoga bermanfaat.
Mengenal Fungsi HLOOKUP di Microsoft Excel Mengenal Fungsi HLOOKUP di Microsoft Excel Reviewed by Ryan Anggasaputra on 9:00:00 AM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.