Mengenal Fungsi IF di Microsoft Excel

Di dalam Microsoft Excel, fungsi IF digunakan untuk menguji suatu syarat tertentu aoakah syarat tersebut terpenuhi (kondisi benar) atau apakah syarat tersebut tidak terpenuhi (kondisi tidak benar).

Bentuk dari fungsi IF adalah :

=IF(Logical_test;Value_if_true;Value_if_false)

Keterangan :
  • Value_if_false, berisi nilai yang akan dihasilkan apabila logika bernilai salah (FALSE).
  • Logical_test, berisi nilai atau ekspresi yang diuji untuk menghasilkan nilai TRUE atau FALSE. Dalam pengisian logika, antara kondisi dan ararat harus menggunakan operator pembanding.
  • Value_if_true, berisi nilai yang akan dihasilkan apabila logika bernilai benar (TRUE).
Berikut ini adalah contoh penerapan fungsi IF :

mengenal fungsi IF di microsoft excel
Gambar : Contoh data yang akan digunakan dalam fungsi IF

Ketentuan :
  • Jika Kode=AE, maka isi kolom Kota dengan Madiun
  • Jika Kode=AF, maka isi kolom Kota dengan Magetan
  • Jika Kode=AG, maka isi kolom Kota dengan Ponorogo
Penyelesaian :
mengenal fungsi IF di Microsof Excel
Rumus IF yang diketikkan ke dalam cell E2

Catatan :

  • Untuk nilai benar atau nilai salah yang bertipe TEKS, penulisannya harus diapit dengan tanda petik ganda (" "), sedangkan untuk tipe numerik tidak perlu diapit tanda petik ganda.

Demikianlah tutorial singkat tentang fungsi IF di Microsoft Excel.

Semoga bermanfaat.
Mengenal Fungsi IF di Microsoft Excel Mengenal Fungsi IF di Microsoft Excel Reviewed by Ryan Anggasaputra on 9:00:00 AM Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.