Review Redmi Note 7: Smartphone Perdana dari Redmi

review redmi note 7
Redmi Note 7
Redmi Note 7 dapat dikatakan sebagai smartphone terbaru dengan sub-brand Redmi dari Xiaomi yang hadir di Indonesia. Strategi marketing yang digunakan oleh Redmi pun sebenarnya juga menyerupai Xiaomi, yaitu menghadirkan smartphone dengan spesifikasi premium namun dengan harga yang sesuai dengan kantong masyarakat Indonesia.

Redmi menawarkan dua model, yaitu Redmi Note 7 dengan pilihan RAM 3GB ROM 32GB dengan harga Rp. 1.999.000 dan Redmi Note 7 dengan RAM 4GB ROM 64GB dengan harga Rp. 2.599.000.

Paket penjualan Redmi Note 7 terdiri dari:
  • Handset
  • Adapter Charger
  • Kabel USB Type C
  • Headset
  • Soft Case
  • Buku Manual
  • Kartu Garansi
  • SIM Ejector
paket jual redmi note 7
Paket Penjualan Redmi Note 7


Desain Mantap dan Tahan Banting

Redmi Note 7 muncul dengan desain yang kekinian. Di bagian depan, Redmi Note 7 mengadopsi konsep layar yang populer saat ini, yaitu berponi setitik layaknya tetesan air. Disebutkan oleh Redmi istilah layar berponi ini adalah Dot Drop. Desain layar model seperti ini menjadi solusi penting dalam menghadirkan tampilan layar yang penuh. Secara umum tidak bisa disebut sepenuhnya layar penuh sih, tetapi kehadiran Dot Drop ini menambah keren desain dari Redmi Note 7 ini.

Untuk layarnya, Redmi Note 7 menanamkan panel IPS berukuran 6.3 inci. Meski begitu, layar ponsel ini sudah mendukung resolusi Full HD+ dengan kerapatan piksel mencapai 409 ppi. Tidak hanya itu, layar smartphone Redmi Note 7 ini juga mendukung rasio aspek 19:5:9 yang membuat tampilannya jadi terlihat luas, dan tetap dengan ukuran desain yang tidak terlalu bongsor.

Di bagian bawah layar yang biasanya ada ikon tombol sentuh untuk akses ke recent apps, back dan home, di Redmi Note 7 ini kita bisa menyembunyikan atau memunculkannya sesuai kebutuhan. Intinya, antarmuka Redmi Note 7 ini benar - benar sudah mengintegrasikan gesture conrol dengan baik.

Khusus layar, selain menyertakan antarmuka yang didukung dengan beragam fungsi penting termasuk kemampuannya untuk urusan personalisasi, Redmi Note 7 menambahkan beberapa pengaturan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan pengguna. Misalnya, pengaturan tingkat kecerahan layar, contras & color, hingga ukuran font. Redmi Note 7 ini juga telah mendukung teknologi yang bisa membuat nyaman mata yang disebut dengan Reading Mode.

reading mode review redmi note 7
Reading Mode Redmi Note 7
Dibagian belakang, Redmi Note 7 menerapkan konsen desain 2.5D yang artinya bentuk fisik Redmi Note 7 ini memiliki area lekukan yang disesuaikan dengan bentuk telapak tangan kita. Uniknya, baik disisi depan maupun belakang, Redmi Note 7 sudah dilapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass generasi ke-5. Hadirnya teknologi kaca pelindung ini membuat bodi Redmi Note 7 kuat dan tidak mudah baret.

Di beberapa video review yang di-release oleh Xiaomi, Redmi Note 7 telah melalui serangkaian ekstrem test, yang salah satunya diinjak-injak dan dibanting. Ternyata, Redmi Note 7 tersebut benar - benar kuat.

Redmi Note 7 juga sudah menyediakan softcase di paket penjualan Redmi Note 7.

Antar Muka Anyar, dan Sistem Keamanan Komplit

Sebagai smartphone baru, Redmi Note 7 diberikan teknologi paling terkini. Sistem operasi Redmi Note 7 sudah didukung dengan platform Android 9.0 yang dikombinasikan dengan antarmuka khas Xiaomi yang paling baru, yakni MIUI 10.2.

Kombinasi software yang ditanamkan ke Redmi Note 7 ini menghadirkan beragam fungsi dan aplikasi penting yang saat ini banyak dibutuhkan oleh kita. Sebut saja, Second Space yang memungkinkan pengguna lebih bisa menjaga keamanan data. Bahkan, dengan kehadiran fitur ini seolah - olah kita memiliki dua ponsel di dalam satu perangkat. Fitur Dual Apps juga ada di sini.

dual apps review redmi note 7
Dual Apps Redmi Note 7
Fitur Dua apps ini bisa dimanfaatkan untuk menduplikasi (cloning) aplikasi yang ada di ponsel. Akan ada dua ikon aplikasi yang muncul di layar utama perangkat. Fitur ini telah ada pada update versi MIUI 8, bahkan sudah menjadi fitur bawaan di beberapa smartphone vendor lainnya.

Selain interface yang lebih segar, Redmi Note 8 juga diberikan beragam fungsi keamanan yang bisa dikatakan komplit. Standarnya, Redmi Note 7 telah dilengkapi pengamanan ponsel berupa pattern, PIN, dan password. Itu saja belum cukup, ada juga sensor Fingerprint yang panel sensornya ada di punggung belakang Redmi Note 7. Tidak hanya itu, Redmi Note 7 juga dilengkapi sensor pengenal wajah (face recognition).

Kedua sistem keamanan paling mutakhir tersebut memiiki performa yang cukup baik, dan mampu mendeteksi data keamanan dengan cepat dan lancar. Tidak hanya untuk membuka Redmi Note 7, fingerprint sensor juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi, privacy password, serta otorisasi pembayaran virtual.

Bagi teman - teman yang khawatir aplikasi rahasia diakses oleh orang lain, Redmi Note 7 juga menyediakan sistem proteksi tambahan lewat fitur App Lock. Meski bukan sesuatu hal yang baru, namun kehadiran fitur App Lock ini setidaknya cukup ampuh digunakan untuk mengunci aplikasi dengan pengaman (password) berupa pattern.

Kamera 48 MP, yang Setara Smartphone Flagship

Redmi Note 7 menggebrak pasar smartphone dunia lewat spesifikasinya yang mumpuni untuk kelas smartphone entry level. Redmi Note 7 dilengkapi dengan sensor kamera ganda dibagian belakang. Berdasarkan spesifikasi resmi, Redmi Note 7 menggunakan sensor utama Samsung ISOCEL GM-1. Konfigurasinya sendiri terdiri dari kamera 48MP dengan aperture f/1.8 + 5 MP bukaan f/2.4 depth sensor.

Secara default, kamera utama Redmi Note 7 akan men-capture foto dengan resolusi standar 12 MP. Kamera ini diklaim menerapkan metode tetracell atau pixel binning. Model ini menggabungkan 4 pixel menjadi 1 pixel besar 1,6 mikron pixel, yang hasilnya menjadi 12 MP. Teknik ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas gambar menjadi lebih tajam, utamanya untuk kondisi minim cahaya (low-light).

kamera 48MP review redmi note 7
Kamera Redmi Note 7
Untuk bisa menikmati kamera 48 MP di Redmi Note 7, kita harus menyetel pengaturan ke mode Pro.  Di dalamnya, kita akan menjumpai icon 48 MP di viewFinder kamera  bagian atas, tinggal tekan saja untuk mengaktifkan pilihan 48 MP tersebut. Di pilihan Pro ini, kita bisa mengatur secara manual semua tools yang ada seperti ISO, WB, Aperture dan Shutter Speed. Di sini, kita juga tetap bisa menambahkan filter warna. Hanya saja, di mode 48 MP, teknik pixel binning tidak berlaku, dan kamera hanya menerapkan pixel tunggal berukuran 0,8 mikron pixel.

Serupa kamera smartphone masa kini, Redmi Note 7 juga memberikan beragam fungsi dan teknologi baru termasuk kecerdasan buatan (AI). Mode Portrait di kamera Redmi Note 7 mampu bekerja dengan maksimal untuk menghasilkan foto bokeh.

Soal kualitas, sepertinya tidak perlu diragukan. Jepretan kamera Redmi Note 7 sanggup menghasilkan foto dengan detail yang tajam serta warna yang terlihat hampir natural. Bahkan, jika disandingkan dengan bebera[a smartphone flagship terbaru, hasil foto Redmi Note 7 ini masih bisa diandalkan.

13 MP untuk Selfie Group

Selain punya kamera utama yang mantap, Redmi Note 7 juga dibekali dengan kamera depan berkekuatan 13 MP. Sensor kamera depan ini posisinya ada di bagian notch yang sepintas tidak terlihat jelas, karena dekat dengan tepian hitam layar. Kamera depan Redmi Note 7 punya bukaan lensa f/2.2 dan 1.25 mikron pixel.

Kamera depan ini tentu saja dilengkapi dengan teknologi Artificial Intellegence yang beroperasi dengan baik, serta mampu mendeteksi karakter wajah objek foto dan menerapkan pengaturan secara otomatis. Untuk kebutuhan selfie, kamera depan Redmi Note 7 pun didukung fitur beauty dengan 5 tingkat kecantikan. Bahkan di opsi 'Advanced', masih ada lagi pengaturan lanjutan yang bisa diterapkan untuk menghasilkan foto selfie yang lebih cantik.

kamera selfie review redmi note 7
Kamera Selfie Redmi Note 7
Sama seperti kamera belakang, kita juga bisa menghasilkan foto bokeh menggunakan mode portrait dari kamera depan Redmi Note 7 ini. Menariknya, kamera depan ini juga bisa diajak foto dalam kondisi kurang cahaya terang. Disini, kita bisa memanfaatkan fitur screen flash untuk menambahkan pencahayaan.

Bagi yang hobi foto selfie beramai - ramai, kamera depan Redmi Note 7 juga dilengkapi opsi pilihan Selfie Group. Dengan fitur ini, kamera akan mengambil beberapa foto dan menggabungkannya menjadi satu foto wefie yang menarik.

Snapdragon 660, RAM 4 GB, Buat Nge-Game makin wuusss....

Redmi Note 7 mendapat sambutan hangat dari konsumen. Redmi Note 7 didukung dengan chipset Snapdragon 660 yang memiliki arsitektur 14nm. Prosesornya Redmi Note 7 adalah Octa-Core dengan detail 4 x 2.2 GHz Kryo 260 & 4 x 1.8 GHz Kyro 260.

Chipset Redmi Note 7 juga ditopang kapasitas memori terbaik di kelasnya. Redmi Note 7 dilengkapi slot memori berkonsep hybrid dengan kapasitas maksimal 256GB. Karena letaknya di slot SIM 2, penggunaannya harus bergantian dengan SIM Card.

gaming review redmi note 7
Gaming Redmi Note 7
Soal performa, kombinasi jeroan yang dimiliki Redmi Note 7 mampu berakselerasi dengan baik dan lancar dalam menjalankan semua fungsi smartphone. Bahkan Adreno 512 yang tertanam juga sanggup menghadirkan grafis yang cukup memukau. Cocok untuk kita yang suka menonton video di smartphone.

Khusus untuk yang suka bermain game, Redmi Note 7 yang menjalankan interface MIUI 10.2 ini sudah dilengkapi dengan Game Speed Booster. Fitur ini secara teknis akan mengalokasikan semua sumber daya efektif untuk game yang mendukung speed booster. Yang menarik adalah kita bisa mengatur dan menambahkan game apa saja yang ingin dibuat ngacir secara manual dengan fitur Game Speed Booster ini,

Baterai 4000 mAh plus Quick Charge 4.0

Redmi Note 7 hadir dengan dukungan baterai cukup besar, yakni 4000 mAh. Sama dengan OPPO F11 Pro. Redmi Note 7 juga dilengkapi sistem manajemen power yang apik. Untuk standby saja, baterai smartphone Redmi Note 7 ni mampu bertahan hingga lebih dari 3 hari. Sementara untuk penggunaan normal, bisa dipakai sepanjang hari. Jika digunakan bermain game, baterai Redmi Note 7 bisa bertahan selama 7 jam non stop dari kondisi full charging.

Dan Redmi Note 7 didukung dengan teknologi pengisian cepat yang merupakan bawaan chipset Qualcomm yaitu Quick Charge 4.0. Dengan teknologi ini, baterai Redmi Note 7 bisa terisi penuh selama 2 jam dari kondisi kosong. Untuk pengisian cepat ini, Redmi Note 7 menggunakan konektor USB Type-C

Kesimpulan

Jadi, harga murah dengan spesifiksi kelas flagship menjadi daya tarik utama Redmi Note 7 untuk kita. Harga resmi Redmi Note 7 untuk versi varian RAM 3 GB kisaran Rp. 1.990.000 dan RAM 4 GB kisaran Rp. 2.599.000.

Sumber : Disadur dari Tabloid Pulsa




Review Redmi Note 7: Smartphone Perdana dari Redmi Review Redmi Note 7: Smartphone Perdana dari Redmi Reviewed by Ryan Angga on 7:03:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.